Saturday, August 11, 2018

Kereta Api Bandara Soeta akan Pakai Tiket Online ARTS

PT Railink akan menjalankan Kereta Api (KA) Bandara Soekarno-Hatta. Untuk mensupport usaha itu, Railink selalu lakukan pengembangan dalam tingkatkan service KA Bandara Soekarno-Hatta nanti. Satu diantara bentuk pengembangan yang dibuat Railink merupakan Airport Railways Ticketing Sistem (ARTS). ARTS adalah skema ticketing yang berbasiskan on-line yang dapat dibuka lewat Vending Machine, Internet Booking serta Mobile Aplikasi " ARTS ini adalah skema ticketing yang di kembangkan sendiri oleh PT Railink serta jadi salah satunya persembahan terunggul kami untuk penduduk.

Simak Juga : Bus Haryanto dan Harga Tiket Bus Haryanto

Kami juga berikan perasaan bangga serta terima kasih pada semua pihak yang sudah ikut serta dalam wujudkan ARTS ini, " tutur Direktur Operasi serta Tehnik Railink Porwanto Handry Nugroho, di Jakarta, Sabtu (30/9/2017). Pengenalan ARTS ini sudah dikerjakan Railink pada perayaan HUT Perusahan ke-11 yang jatuh pada 28 September 2017 di Stasiun KA Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Porwanto menuturkan ARTS ini bisa menjadi skema ticketing transportasi publik di waktu yang akan tiba. Ini karena banyak kelebihan yang didatangkan di ARTS ini dari mulai pembayaran yang dapat dikerjakan dengan non tunai (cashless), tanpa kartu (cardless), dan tanpa operator (manless). Cashless, bermakna tidak ada lagi pembayaran tunai yang dikerjakan pada semua chanel penjualan ticket KA Bandara yang disiapkan oleh ARTS. Cardless, bermakna ARTS tidak keluarkan kartu spesial menjadi alat transaksi.

Baca Juga : Jadwal Bus Haryanto dengan Bus Putera Mulya

" Menjadi tiap-tiap penumpang bisa lakukan pembayaran dengan memakai kartu perbankan yang mereka punya baik berbentuk kartu debit, kartu credit, ataupun prepaid, " lebih Porwanto. Sedang manless, bermakna ARTS tidak lagi menyiapkan ticket counter yang dilayani oleh operator. Calon penumpang bisa lakukan pembelian ticket lewat Vending Machine, Internet Booking serta Mobile Aplikasi.

Mengenai dalam penyelenggaraannya Railink sudah bekerja bersama dengan perbankan, payment gateway serta penyedia jaringan. Dari perbankan didukung oleh BCA, Bank Danamon, Bank DKI, Bank Maybank Indonesia, Bank Permata serta Bank QNB. Diluar itu ada pula Telkomsel dengan produk TCASH nya. Sesaat dari payment gateway ada DOKU, Midtrans, Artasaja, Finnet serta Kartuku. Sedang pihak menjadi penyedia jaringan merupakan ICON+.

Lihat Juga : Harga Tiket Bus Putera Mulya dan Jadwal Bus Putera Mulya

" Lewat ARTS, Railink siap mensupport pengoperasian KA Bandara Soekarno-Hatta kurun waktu dekat, serta kami mengharap lewat sitem ini tidak hanya bisa memberi service yang gampang, cepat serta andal dapat juga jadikan menjadi referensi skema ticketing untuk transportasi publik yang lain, " tutup Nugroho.

Seperti di ketahui, Railink meningkatkan ARTS ini kira-kira saat satu tahun . Dalam pengembangannya, Railink sudah menginvestasikan dana sampai Rp 30 miliar. Untuk step awal, Railink akan menempatkan 4 unit mesin vending machine bersistem ARTS ini di Stasiun Sudirman serta 4 unit juga di Stasiun Bandara Soekarno-Hatta. Akan tetapi yang akan datang akan ditambah sesuai dengan dengan keperluan.

No comments:

Post a Comment