Friday, May 11, 2018

Bus Tingkat Pertama Di Jawa Terguling

Bus tingkat pertama di Pulau Jawa resmi beroperasi pada Desember 2016. Bus keluaran produsen Swedia, Scania K4101B Opticruise, di luncurkan oleh PO Putera Mulya. Hingga sekarang ini ada empat armada bus tingkat yang dioperasikan oleh Putera Mulya yang meniti rute Bogor-Jakarta- Solo-Wonogiri. Kami memiliki kesempatan untuk menjajal bus tingkat itu pada Kamis (31/8/2017) serta Senin (4/9/2017) .

Rute perjalanan diawali di Jakarta, berhenti di Solo, lalu kembali pada Jakarta. Kami ajukan pertanyaan tentang pendapat dari beberapa penumpang bus tingkat eksklusif ini. Menariknya ada penumpang yang cukup setia memakai layanan bus tingkat dari Putera Mulya ini. " Saya telah 2 x naik bus ini. Pertama kalinya saya tentukan kursi dibagian bawah (Menawant Class), " kata Agus (27) asal Bekasi.

Kursi di bagian bawah bus tingkat Putera Mulya yaitu kelas paling baik yang diberi nama Menawant Class. Cuma ada enam kursi yang ada untuk kelas ini. Satu kursi dihargai Rp 325. 000 sekali perjalanan. Jok di kelas Menawant Class bus tingkat pertama antarkota antarpropinsi buatan PT Putera Mulya Sejahtera. " Bila di kursi sisi bawah nyaman, tapi agak berisik. Terlebih bila meniti jalan yg tidak rata, getarannya merasa, " kata Agus.

Baca Juga : Harga Tiket Bus Putera Mulya

Pada perjalanan ke-2, Agus berniat beli ticket kursi sisi atas yang dimaksud First Executive Class, dengan harga Rp 225. 000. Tuturnya agar tahu rasa-rasanya duduk di ke-2 kelas. " Bila diatas, getaran tidak demikian merasa. Nah, tapi manuver busnya lebih merasa. Terlebih bila busnya belok-belok, " terang Agus. Agus pada ahirnya tambah nyaman duduk dibawah, Menawant Class, daripada First Executive Class.

Sebab ia menyebutkan sebagian besar jalan di Pulau Jawa mulus beraspal, hingga tambah nyaman duduk di Menawant Class. Sedang untuk service, yang di bisa dari ke-2 kelas menurut dia sama sebaiknya. Lain dengan Agus, ada Nana (35) asal Boyolali yang lakukan perjalanan menuju Karawang. Nana pergi dengan suami serta dua orang anak. Membawa anak kecil jadi tantangan sendiri untuk Nana di perjalanan jarak panjang.

" Nyaman sich, Umumnya bila gunakan bus beda, anak saya tidak ingin duduk sendiri, maunya dipangku. Ini ingin duduk sendiri mungkin saja karna ada TV-nya, " sebut Nana. Ia juga senang dengan service serta sarana seperti toilet yang berada di bus tingkat ini. Masalah harga, baik Agus serta Nana mengungkap harga bus tingkat PO Putera Mulya yaitu relatif.

Murah namun juga tidak murah. Tetapi keduanya mengakui di lain waktu ingin memakai layanan bus ini. Kami sendiri rasakan pengalaman naik bus tingkat yang bertubuh aduhai serta bewarna rose gold ini.

Baca Juga : Harga Tiket Bus Haryanto

Paling tidak 18 orang tewas serta lebih dari 60 yang lain luka-luka, sesudah satu bus tingkat alami kecelakaan di Hong Kong, Sabtu (10/2/2018) petang saat setempat. Merilis SCMP, bus sarat penumpang terguling ke bagian kiri serta meluncur sebelumnya pada akhirnya berhenti sesudah menabrak tiang listrik. Operasi penyelamatan penumpang dikerjakan dengan melibatkan beberapa puluh petugas polisi serta pemadam kebakaran.

Kecelakaan itu terdaftar jadi yang terparah serta paling mematikan di kota itu dalam 15 th. paling akhir. Bacalah juga : 32 Murid Tewas karena Kecelakaan Bus di Tanzania Sejumlah 15 penumpang lelaki serta tiga wanita dilaporkan tewas di lokasi kecelakaan, sesaat 61 penumpang yang lain dilarikan ke 12 rumah sakit di penjuru kota. Diantara mereka yang dibawa ke rumah sakit, 10 penumpang dalam keadaan gawat serta 15 yang lain alami luka serius.

Menurut saksi mata, bus rute 872 itu tengah dalam perjalanan dari Sha Tin menuhu Tai Po Centre. Bus terguling waktu membelok di Jalan Tai Po dekat dengan Tsung Tsai Yuen. Laporan polisi menyebutkan, kecelakaan berlangsung sekitaran jam 18. 00 saat setempat. Petugas serta tim penyelamat bergegas ke lokasi untuk keluarkan beberapa korban luka ataupun wafat. Beberapa penumpang yang selamat menyebutkan bus melaju dalam kecepatan tinggi.

Sopir bus juga disebutkan tengah jengkel karna dimaksud datang terlambat. " Dia terlambat sekitaran 10 menit. Dia jengkel karna dikritik serta mulai mengemudikan bus secara cepat, " kata salah seseorang penumpang. " Bus melaju lebih cepat dari pada yang umum saya rasakan. Lalu ban merasa tergelincir serta bus terguling, " kata penumpang yang lain.

Baca Juga : Harga Tiket Bus Harapan Jaya

Kepala Eksekutif Hong Kong, Carrie Lam Cheng Yuet-ngor sudah berkunjung ke beberapa korban dirumah sakit serta menginformasikan pemerintah juga akan membuat komite berdiri sendiri yang di pimpin seseorang hakim manfaat menginvestigasi sisi keamanan bus. Pengawas Senior Polisi Li Chi-wai menyebutkan, pengemudi bus disangka melaju kencang waktu melalui jalanan alami penurunan serta kehilangan kendali sampai bus miring ke kiri.

Li memberikan, penyelidikan juga akan dikerjakan untuk ketahui keadaan psikologis sopir waktu terjadinya kecelakaan, kecepatan bus dalam perjalanan serta lihat ada tidaknya problem tehnis. " Sopir bus di ketahui tidak dalam dampak alkohol dan tidak membutuhkan pertolongan medis, " kata Li.

No comments:

Post a Comment