Friday, May 11, 2018

Gaji Driver Bus TransJakarta Hingga 9 Jutaan

PT Transportasi Jakarta tengah buka lowongan untuk tempat sopir serta petugas on board. Tempat yang disiapkan sampai untuk 6. 000 orang. Beberapa sopir serta petugas on board juga akan terima upah dengan nilai berlainan. Sopir untuk bus gandeng juga akan terima upah 3x gaji minimal propinsi (UMP) DKI Jakarta 2016 yang menjangkau Rp 3, 1 juta atau sama dengan Rp 9, 3 juta, sopir bus tunggal juga akan terima upah 2 x UMP atau sama dengan Rp 6, 2 juta, sopir bus tingkat juga akan terima upah Rp 2, 5 kali UMP atau sama dengan Rp 7, 75 juta, sedang petugas on board sama dengan UMP.

Ada beberapa prasyarat spesial untuk tempat sopir transjakarta. Prasyarat itu mencakup ijazah dengan pendidikan paling akhir minimum SMP, kepemilikan SIM B1 umum (bus tunggal) serta SIM B2 (bus tingkat serta bus gandeng), tidak buta huruf, tidak buta warna, serta bebas narkoba. " Bila (petugas) on board sama dengan diatas, namun tak perlu miliki SIM B1 atau B2. Asal miliki ijazah SMA.

Ini karna mereka juga akan kami latih jadi (petugas) on board yang dapat melayani penumpang dengan memberitahu rute serta service transjakarta dan melindungi keselamatan penumpang, terlebih waktu naik-turun halte serta selama perjalanan, " kata Direktur Paling utama PT Transjakarta Antonius Kosasih waktu dihubungi, Senin (4/1/2016). Menurut Kosasih, lamaran nanti mesti diperlengkapi dengan surat lamaran, kisah hidup, info tinggi serta berat tubuh, photo berwarna, surat info tempat tinggal, serta nomor telepon yang bisa dihubungi.

Baca Juga : Harga Tiket Bus DAMRI

Ia menyebutkan, lamaran nanti bisa di kirim ke kantor PT Transportasi Jakarta yang beralamat di Jalan Mayjen Sutoyo Nomor 1 Cawang, Jakarta Timur, dengan kode pos 13650. " Yang di panggil juga akan ikuti tes yang dikerjakan oleh Transjakarta. Kriteria beda, apabila kurang, bisa diperlengkapi lalu, " tutur dia. Spesial untuk tempat sopir, Kosasih menyebutkan kalau tes yang perlu dilalui pelamar nanti berkaitan dengan ketangkasan dalam mengemudi. Satu diantara referensinya yaitu ketrampilan dalam memarkirkan bus.

" Bila semuanya (prasyarat) komplit, namun tidak dapat mengemudikan bus dengan baik, kan sia-sia. Masa, dapat mengemudikan, namun tidak dapat parkir. Walau sebenarnya kan setiap kali ke halte itu sama juga dengan parkir, " tutur dia. Kosasih menyebutkan, tes ketangkasan dalam mengemudi juga akan dikerjakan di pul Cawang, tidak jauh dari lokasi kantornya. Menurutnya, tes juga akan dikerjakan waktu jumlah pelamar telah 50-100 orang.

Baca Juga : Harga Tiket Bus Gunung Harta

" Jadi, tidak setiap hari. Kami kumpulkan dahulu, baru kami tes per batch, " tutur dia. Menurut Kosasih, tak ada batas saat untuk pendaftaran karna baru juga akan ditutup sesudah jumlah sopir serta petugas on board yang diperlukan menjangkau 6. 000 orang. Untuk tempat sopir, Kosasih menyebutkan kalau jumlah pelamar telah sekitaran 200 orang.

" Dari jumlah itu, lebih dari 100 orang atau 80 % telah lolos tes. Tetapi, kami masih tetap butuh beberapa ribu orang sekali lagi, " ujarnya. Pembukaan lowongan untuk tempat sopir serta petugas on board transjakarta dikerjakan bersamaan dengan pengadaan bus yang menjangkau 2. 000 unit pada 2016. Pembukaan lowongan ini untuk menghadapi peluang sopir angkutan umum beda berpindah jadi sopir transjakarta.

No comments:

Post a Comment