Friday, May 11, 2018

Bus APTB Bertambah 60 Selain Rute Kalijodo

Pengelola bus Angkutan Perbatasan Terintegrasi Bus Transjakarta atau APTB selekasnya perbanyak bus jadi 60 unit. Sejumlah 30 bus juga akan dipakai untuk melayani jalur Ciputat-Kota yang beberapa sudah beroperasi, bekasnya untuk jalur Ciputat-Senen. Tasmiyati, Direktur Paling utama PO Bianglala, pengelola bus APTB jalur dari Ciputat, menyebutkan, dianya sudah peroleh izin untuk menjalankan APTB di dua jalur itu, Ciputat-Kota serta Ciputat-Senen. Semasing jalur dilayani 30 bus.

”Untuk awalannya memanglah baru 15 bus yang digunakan untuk Ciputat-Kota, namun juga akan selekasnya kami lebih sekali lagi hingga totalnya jadi 30 bus, ” kata Tasmiyati, Sabtu (13/10). Tasmiyati optimis bila semua bus itu telah beroperasi, juga akan dapat kurangi kepadatan serta kemacetan jalan raya di jalur yang dilintasi karna warga berpindah dari kendaraan pribadi ke bus.

”Warga yang menginginkan ke Jakarta tinggal parkir di pul kami, disiapkan tempat parkir, lalu geser naik bus APTB ke maksud, ” kata Tasmiyati. Sekarang ini, katanya, baru beroperasi empat bus, namun diinginkan pembuatan bus-bus beda selekasnya usai. ”Akan selekasnya beroperasi sekali lagi dua bus, selekasnya hingga 15 bus yang tengah di buat dapat dioperasikan, ” tuturnya. Ia juga percaya bus ini di terima warga karna tarif tiketnya di turunkan dari Rp 9. 500 jadi Rp 6. 000.

Baca Juga : Harga Tiket Bus Garuda Mas

APTB yaitu pengganti armada Bianglala C45 jurusan Ciputat-Kota, Ciputat-Senin, Ciledug- Senin, serta Depok-Grogol. Bedanya dengan bus lama, APTB ini terintegrasi transjakarta hingga menggunakan jalur busway. Jalur yang dilewati yaitu Koridor I, VIII, serta XII. ”APTB tidak menaikkan kemacetan karna lewat jalur busway. Bila warga berpindah tidak menggunakan kendaraan pribadi, pasti juga akan kurangi kemacetan, ” tuturnya.

Tasmiyati mengungkap, untuk sediakan bus APTB, diperlukan modal yang besar karna fasilitasnya sama dengan busway. Ia mengatakan, satu bus diperlukan dana sekitaran Rp 1, 5 miliar. Pihaknya juga telah mempersiapkan lahan parkir seluas lebih dari satu hektar. Lahan seluas itu dapat berisi beberapa ratus kendaraan, baik mobil ataupun motor. Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi serta Informatika Tangsel Mursan Sobari menyebutkan, selama bus itu untuk menolong sediakan transportasi buat orang-orang, pihaknya juga akan mensupport.

”Kami telah berjumpa dengan Dishub DKI, ” katanya. Berkaitan koordinasi untuk membuat lancar arus transportasi di Jalan Juanda, Ciputat, yang senantiasa macet, pihaknya selalu berusaha menangani. Jalan disana macet karna banyak angkot serta bus yang berhenti asal-asalan di tepi jalan. ”Kami susah menertibkan karna tak ada terminal untuk angkot-angkot, ” katanya.

Baca Juga : Harga Tiket Bus EKA

PT Transjakarta buka rute wisata baru, yakni Balai Kota- Kalijodo. Direktur Paling utama PT Transjakarta Budi Kaliwono menerangkan, ada tiga bus tingkat wisata yang beroperasi sehari-harinya di rute itu. Warga bisa memakai bus tingkat ini dengan gratis. " Kami buka rute bus wisata Balai Kota-Kalijodo untuk memfasilitasi semuanya warga untuk berekreasi ke lokasi RTH serta RPTRA dengan gratis, " kata Budi dalam acara peresmian RTH serta RPTRA Kalijodo di Jakarta Barat, Rabu (22/2/2016).

Ia mengharapkan pembukaan rute wisata baru itu bisa menarik ketertarikan warga Jakarta untuk nikmati sarana di RTH serta RPTRA Kalijodo. Dia menerangkan, banyak warga yang berkunjung ke lokasi Kalijodo mulai sejak sebelumnya diresmikan pada Rabu ini. Bus tingkat wisata itu juga akan dioperasikan sehari-hari, yakni Senin-Jumat jam 11. 00-19. 00, Sabtu jam 09. 00-23. 00, serta Minggu jam 12. 00-19. 00. " Bus beroperasi dengan jarak saat pemberangkatan 1-1, 5 jam sehari-harinya, " kata Budi.

Bus wisata itu melayani rute Balai Kota-Sarinah-Tosari-masuk Tol Semanggi serta keluar Tol Pluit Tomang-Kalijodo. Untuk arah demikian sebaliknya, dari Kalijodo masuk Tol Pluit Tomang-keluar Tol Semanggi-Tosari-Bundaran HI-Sarinah-Balai Kota. “Ke depannya, kami juga akan menaikkan jumlah bus yang melayani rute ke Kalijodo. Hingga, pengunjung yang mempunyai hoby seperti skateboard dsb bisa menyalurkan hoby positifnya dengan maksimum, ” kata Budi.

Baca Juga : Harga Tiket Bus Agra Mas

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok resmikan RTH serta RPTRA di lokasi Kalijodo, Penjaringan, itu. Diatas lahan seluas 1, 4 hektar itu, Pemprov DKI sediakan bermacam sarana, seperti taman, trek jogging, trek sepeda, skate park, amfiteater, mushala, toilet, outdoor fitness, serta sarana umum yang lain untuk mensupport aktivitas warga di ruang itu.

No comments:

Post a Comment