Friday, August 23, 2019

KM Santika Nusantara Terbakar di Masalembu

Team SAR kombinasi sukses mengevakuasi 143 penumpang KM Santika Nusantara yang terbakar di perairan Masalembu, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur (Jawa timur). Mereka dievakuasi memakai KMP Dharma Fery 7 serta KM Spill Citra.

Kepala Humas Basarnas Kota Surabaya, Tholib Mahameru, menerangkan, 11 orang POB KM Santika Nusantara yang sebelumnya ada di TB Bintang Mutiara dipindahkan ke KMP Dharma Fery 7, hingga KMP Dharma Fery mengevakuasi 66 orang.

Baca Juga : Perbandingan Senilai

Selain itu, kapal-kapal nelayan yang berada di seputar tempat insiden ikut juga menolong mengevakuasi beberapa penumpang KM Santika Nusantara. Sekitar 54 orang yang sukses dievakuasi kapal-kapal nelayan.



"Lalu KM Spill Citra mengevakuasi 23 orang POB (person on boat-red). Sekitar 54 orang dievakuasi oleh kapal-kapal nelayan serta sekarang ada di pulau Masalembu," papar Tholib pada wartawan waktu di konfirmasi, Jumat (23/8/2019).

Artikel Terkait : Perbandingan Berbalik Nilai

Dia memberikan tambahan, hingga keseluruhan ada 143 orang POB KM Santika Nusantara sukses dievakuasi team SAR kombinasi ke arah ke Surabaya. Mengenai faktor SAR yang lakukan penelusuran di seputar tempat yaitu KM Bintang Samudera serta KM Bintang Mutiara.

M Santika Nusantara terbakar di perairan Masalembu pada Kamis (22/8/2019) seputar jam 20 45 WIB. Kapal yang mengangkat 111 penumpang ini pergi dari Surabaga ke arah Balikpapan.

Berdasar manifes, 111 penumpang ini terdari dari 100 orang dewasa, bayi lima orang serta beberapa anak enam orang. Beritanya semua penumpang selamat, serta sekarang tengah menanti proses evakuasi dari petugas.

Tidak hanya mengangkat penumpang, kapal ini bawa beberapa barang serta kendaraan dari beberapa type. Mengenai keseluruhan kendaraan yang diangkut sekitar 83 kendaraan.

Baca Juga : Menghitung Perbandingan

"Sekarang dalam proses evakuasi untuk beberapa penumpang. Sekitar 53 penumpang telah dievakuasi KMV Bintang Samudera 1 serta KM Dharma Fery," jelas SAR Mission Coordinator Basarnas, Prasetya Budiarto, Jumat (23/8/2019).

Menurut Prasetya, Basarnas mengerahkan KN SAR Laksamana punya Kantor SAR Banjarmasin. Dan KN Cundamani punya KSOP Surabaya. Sekarang ke-2 kapal itu dalam perjalanan ke arah TKP untuk selamatkan beberapa penumpang.

Baca Juga : Perbandingan Senilai

"Kami bekerja bersama dengan VTS Surabaya untuk berkomunikasi dengan kapal-kapal paling dekat. Mudah-mudahan cuaca di tempat berteman agar proses evakuasi dapat berjalan mulus," pungkasnya.

No comments:

Post a Comment