Friday, August 23, 2019

Petugas Periksa Pendaki Gunung Sindoro-Sumbing

Pengawasan pada beberapa pendaki Gunung Sindoro serta Gunung Sumbing di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah diperketat untuk menghadapi berlangsungnya kebakaran rimba pada musim kemarau ini.



Kapolsek Parakan AKP Sukma Galuh Pulung Dwi Handoko menjelaskan, polisi terus mempererat pengawasan pada beberapa pendaki lewat beberapa basecamp di jalan pendakian Gunung Sindoro serta Gunung Sumbing daerah Temanggung.

Baca Juga : Kebutuhan Kalori

Diluar itu, polisi lakukan pembinaan pada masyarakat seputar gunung supaya mereka tidak beraktivitas yang punya potensi memunculkan kebakaran rimba pada musim kemarau ini.

Pengawasan ketat pada beberapa pendaki harus dikerjakan untuk menghadapi pengerjaan api unggun, pembuangan puntung rokok, atau yang lain yang punya potensi membakar rimba. Sekarang, menurut dia sudah dibuat posko kombinasi yang terdiri atas polisi, tentara, personil BPBD, Perhutani, serta barisan warga perduli lingkungan serta rimba.

Artikel Terkait : Menghitung Kebutuhan Kalori

"Di daerah kami, dua posko sudah dibuat, yaitu di Kledung serta Bansari. Dua daerah kecamatan di lereng Gunung Sindoro-Sumbing itu masuk daerah hukum Polsek Parakan," kata Sukma seperti dikutip dari Solopos.com, Jumat (23/8/2019).

Ia menerangkan pengerjaan posko dikerjakan supaya setiap saat ada personil yang bersiaga untuk lakukan pengawasan serta patroli daerah, baik mendatangi basecamp-basecamp pendakian atau memberi publikasi serta pembinaan pada warga di lereng gunung supaya ikut serta jaga lokasi rimba dan gunung, serta tidak beraktivitas pembakaran di dekat rimba atau di rimba.

Baca Juga : Kebutuhan Kalori

"Pada beberapa pendaki kami banyak juga mengucapkan terima kasih, sebab beberapa dari mereka malah perduli dengan rimba serta memberitahukan selekasnya bila ada beberapa hal yang meresahkan di gunung. Akan tetapi, pengawasan ketat masih dibutuhkan, supaya semua pendaki betul-betul patuhi ketentuan, seperti dalam tidak membuat perapian, tidak menyalakan kembang api atau buang puntung rokok asal-asalan," tuturnya.

Baca Juga : Cara Menghitung

Menurut dia, hal tersebut harus ditaati mengingat pada musim kemarau kekuatan berlangsungnya kebakaran rimba besar sekali. Kebakaran rimba itu berlangsung waktu lalu di lokasi Gunung Sumbing di daerah Wonosobo serta Magelang.

No comments:

Post a Comment